Lomba Film Pendek

Tema : “Hidup Beragama di tengah Tantangan Kemiskinan, Radikalisme Agama, dan Perusakan Lingkungan Hidup”

A.   Sub Tema

1.   Hidup beragama di tengah tantangan kemiskinan yang makin kompleks, terutama di Indonesia

2.   Hidup beragama di tengah fenomena radikalisme agama yang menguat, baik di Indonesia maupun di dunia global

3.   Hidup beragama di hadapan masalah perusakan lingkungan hidup yang makin luas dan mengancam kelangsungan hidup bersama secara lokal dan global.

B.   Syarat Peserta

1.   Peserta berupa kelompok dengan jumlah kelompok terdiri dari 2-5 orang (tidak termasuk cast).

2.  Lomba ini terbuka untuk umum, dan Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan melalui fotokopi kartu identitas yang berlaku (KTP, SIM, Paspor, Kartu Pelajar), minimal pelajar SMA/Sederajat, dengan usia minimum 16 tahun.

3.   Peserta dapat mengikutsertakan maksimal 2 karya dengan kelompok yang sama atau berbeda.

C.   Ketentuan tentang Karya

1.   Tahun produksi dari tahun 2013.

2.   Merupakan karya orisinil, belum pernah dipublikasikan untuk kepentingan apapun dan belum pernah diikutkan lomba sejenis.

3.   Tidak menggunakan handphone untuk merekam film.

4.   Menggunakan bahasa Indonesia (jika menggunakan bahasa asing atau daerah wajib mencantumkan terjemahan bahasa Indonesia yang jelas, dan mencantumkan nama penerjemah pada subtitle di akhir film). Penerjemah termasuk peserta lomba.

5.   Peserta wajib mencantumkan “Persembahan Karya untuk HUT Kolsani ke 90” di awal film.

6.   Tidak mengandung unsur promosi, SARA, kekerasan dan pornografi.

7.   Materi video merupakan segala bentuk audio video yang menyampaikan atau mencerminkan hidup beragamadi tengah tantangan kemiskinan, radikalisme agama, perusakan lingkungan di sekitar kita selama 10-15 menit, termasuk credit title.

8.   Film dikirim dalam format  MP4 dan/atau AVI.

9.   Pengiriman dapat disertai dengan poster film (poster dalam bentuk softtcopy).

10. Musik/lagu dan materi lainnya (foto, grafis, dll) yang digunakan dalam film boleh menggunakan milik orang lain selama bersifat bebas atau telah memperoleh izin dari pemilik hak cipta yang bersangkutan.

11.  Hak cipta karya tetap menjadi milik peserta.

12.  Khusus untuk kepentingan publikasi acara, penyelenggara dapat menggunakan materi foto dan/atau video karya peserta, sebagian maupun utuh.

13.  Panitia tidak bertanggungjawab apabila di kemudian hari diketahui terdapat gugatan dari pihak lain yang berkaitan dengan film yang dilombakan.

14.  Jika di kemudian hari ditemukan bukti bahwa karya pemenang diragukan keasliannya, maka penyelenggara berhak membatalkan dan menarik penghargaan/hadiah yang sudah diberikan

C.   Tahap Penjurian dan Aspek Penilaian

1.   Seleksi video dilakukan oleh panitia dan penilaian oleh dewan juri

2.   Penilaian meliputi: Kesesuaian dengan Tema, Originalitas & Keunikan/Ide Cerita, Teknik Pengambilan Video & Konsep Editing, Pesan yang Disampaikan

3.   Penentuan Juara dan Hadiah: Pengumuman di bulan Mei 2013 dan akan langsung mendapatkan pemberitahuan dari panitia lomba.

4.   Hadiah untuk masing-masing juara adalah sebagai berikut :

Juara I   : Rp 2.000.000, sertifikat, dan souvenir

Juara II  : Rp 1.500.000, sertifikat, dan souvenir

Juara III : Rp 1.000.000, sertifikat, dan souvenir

D.   Pendaftaran

1.   Pendaftaran dan pengumpulan Film dibuka pada 1 Januari 2013 hingga 30 April 2013.

2.   Peserta wajib mengisi formulir pendaftaran online berikut ini.

3.   Peserta juga wajib mengisi Form pernyataan orisinalitas karya  dan Form persetujuan publikasi dengan hak cipta sepenuhnya milik peserta yang telah disediakan panitia.

4.   Peserta yang ingin mengirimkan lebih dari satu karya wajib melakukan regristrasi sebanyak jumlah karya yang dilombakan.

5.   Panitia berhak mendiskualifikasi peserta, apabila peserta terbukti melanggar syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan panitia

6.   Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. 

E.   Pengumpulan

1.   Pengumpulan karya dalam bentuk softcopy melalui email dengan alamat email pengirim yang aktif

2.   Peserta wajib melampirkan data berikut: biodata actor, hasil scan Form Pertanggungjawaban Orisinalitas Karya (yang telah ditandatangani di atas meterai), hasil scan Form Persetujuan Publikasi dengan hak cipta sepenuhnya milik peserta, hasil scan identitas diri (KTP/ kartu pelajar/kartu mahasiswa) tiap peserta (bolak balik), dan softcopy pas foto berwarna 3×4 (1 lembar) masing-masing peserta

3.   Peserta juga wajib melampirkan penjelasan singkat tentang film, mencakup ide, judul (sinopsis) di dalam file dengan ukuran kertas A4 maksimal 2 halaman (huruf  Times New Roman; ukuran 12 poin) ; spasi 1,5)

4.   Pengumpulan karya dapat dikirim ke alamat email: kolsani18223ihs@gmail.com

5.   Peserta wajib mengupload karyanya ke Youtube (atau lainnya) dan mencantumkan alamat URL-nya pada sinopsis dan form pendaftaran. Jika peserta mengirim lebih dari 1 karya, maka pengiriman harus tetap dilakukan secara terpisah untuk setiap karya.

NB: Untuk mempermudah pengiriman maka file disarankan dipadatkan dalam bentuk .rar ataupun .zip. Jika file terlalu besar maka dalam pengiriman email boleh dilakukan lebih  dari satu kali dengan file yang sudah terbagi dengan nama pengirim dan subject yang sama “Lomba Film Pendek Kolsani”

F.   Lain-lain

Tiga karya film terbaik akan diputar di dalam acara puncak HUT Kolsani pada bulan Oktober, tahun 2013

 

INFORMASI LOMBA: 085799020312 atau (0274) 588283, 562233 atau http://www.ihs.provindo.org

Tags:  ,